Langkah-langkah cetak grafik tranding pada scada

1. Klik MENU pada toolbar di HMI/SCADA, kemudian pilih Process Analyst. 

 


 

2. Lalu setelah masuk ke menu process analyst, klik Add Pens(gambar pena dan +) pada toolbar process analyst. 


3. Setelah itu akan muncul pop up Add new pens. pastikan connection dan type sama seperti pada gambar berikut, kemudian klik search. lalu akan muncul kumpulan tag(metering mv, mcc, mdb, ampere motor, suhu RTD, tonase, dan tph). 

 


4. Kemudian pilih tag yang ingin ditampilkan pada process analyst dengan mengklik Add dan OK. 

 

5. Setelah itu akan muncul grafik process analyst/trending dari tag yang dipilih. 

 


6. Apabila hanya ingin mencetak/mengetahui beberapa grafik saja dari tag yang dipilih tadi, cukup menghilangkan ceklis pada kolom object tree. setelah itu untuk mengatur skala grafik dapat mengklik menu horizontal scale. 


serta untuk mengatur waktu sesuai yang diinginkan, dapat mengklik tanggal dan jam pada menu paling kiri. kemudian untuk rentang waktu dapat mengklik menu time range.

7. Kemudian apabila ingin menyimpan data trending yang telah dimasukkan tadi, dapat mengklik menu save pada toolbar diatas. Sehingga akan muncul pop up pilihan direktori untuk menyimpan file data trending tersebut. 

 


8. Kemudian apabila ingin mencetak grafik trending dapat mengklik icon printer pada toolbar diatas. Lalu pop up print file akan muncul dan terdapat pilihan(printer, microsoft xps, dan PDF). 

 


9. Apabila ingin membuka file trending yang telah disimpan, cukup dengan mengklik menu open file pada toolbar diatas. maka pop up open file to load akan muncul. Pastikan anda ingat direktori file yang anda simpan.

 

Admin
Admin Saya adalah Teknisi sekaligus penulis Blog